Kamis, 16 Mei 2013

Godaan Para Muridin Thoriqoh


Ujian paling awal yang dijumpai para calon pengikut thoriqoh ialah perkara niat. Apakah motivasi masuk thoriqoh itu betul betul didasari oleh niat ikhlas semata mata menjalankan perintah Alloh dan Rosululloh, ataukah niat niat yang lain. Kenyataannya tidak sedikit orang masuk thoriqoh telah jatuh pada filter pertama lantaran salah soal nawaitu ini. Ada yang niat karena mengikuti ajakan teman, niat mencari kesembuhan, niat mencari kemakmuran ekonomi, atau sungkan kepada orang tuanya. Ada pula niat untuk kepantasan dimata masyarakat, ada yang niat supaya bisa ilmu pengobatan, ada yang niat untuk kesaktian dll. Bagi penempuh jalan Thoriqoh harusnya berhati hati pada kesalahan niat ini, karena akan berpengaruh pada keberhasilannya kelak.

Dan setelah masuk thoriqoh, kerapkali muncul godaan godaan yang mengiringi para penempuhnya. Ada godaan yang timbul dari luar diri kita seperti persoalan beratnya perekonomian, fitnahan dari orang lain, masalah pekerjaan, keluarga dll. Adapula godaan yang muncul dari dalam diri kita sendiri, diantara bisa dikelompokkan sebagai berikut:
Sebelum dan ketika Amaliyah

1. Kasal

Kasal artinya malas. Malas untuk menjalankan ibadah kepada Alloh SWT, padahal sebenarnya mereka dapat dan sanggup untuk melaksanakannya. Kasal ini seringkali menghantui dalam fikiran dan hati manusia yang berniat menjalani amaliyah thoriqoh. Kesempatan ada kemampuan juga ada tapi malas untuk melaksanakannya. Terkadang untuk menutup nutupi rasa malasnya supaya tidak dipersalahkan orang lain maka ia akan mencari cari alasan dan argumentasi agar tidak dipersalahkan karena kemalasannya tersebut.

2. Futur

Bimbang dan ragu ragu atau lemah sendirian, tidak memiliki tekad yang kuat. Terkadang muncul keragu raguan dalam hati, apakah amalan yang baik tersebut dilaksanakan ataukah tidak. Adakalanya bimbang karena terbayang bayang beratnya menjalani amalan tersebut, terkadang bimbang apakah ia akan bisa merasakan hasil atau manfaatnya atau hanya sia sia saja. Adakalanya bimbang apakah mampu menghadapi rintangan rintangannya, atau bisa jadi bimbang karena tarik menarik mana yang lebih penting antara urusan duniawi dan urusan ukhrowi.

3. Malal

Malal artinya bosan dan jenuh. Kadangkala hati manusia dihantui oleh fikiran dan perasaannya sendiri karena sudah menjalani berbagai macam amaliyah yang baik dalam thoriqoh. Sudah berpuluh puluh tahun lamanya tapi tetap saja tidak ada peningkatan ruhani ataupun kesejahteraan yang dapat dirasakannya, sehingga menganggap bahwa amaliyah baik yang sudah dijalankannya selama ini seperti tidak ada manfaatnya apa apa. Akhirnya bosan dan jemu kemudian beribadah secara aja kadarnya saja, bahkan muncul sifat meremehkan terhadap amal ibadah itu sendiri.

Timbulnya hal hal tersebut di atas adalah disebabkan kurang kuatnya para keimanan, kurang mantapnya keyakinan dan banyak terpengaruh oleh hawanya sendiri. Apabila hal hal tersebut dibiarkan saja bersarang dalam fikiran dan hati kita maka bisa mengakibatkan gagalnya mencapai tujuan dalam berthoriqoh.
Ketika dan sesudah amaliyah

Sedangkan hal hal yang juga sering menggoda dan menghalangi pada saat sedang dan sesudah melaksanakan ritual amaliyah thoriqoh, diantaraonya:

1. Riya'

Riya' ialah ingin dipuji puji manusia. Sengaja mempertontonkan atau menampak nampakkan ibadah atau amalnya kepada orang lain, atau ada suatu maksud tertentu "selain daripada Alloh".

Ingat manusia tidak bisa menjadi baik hanya karena pujian dan manusia tidak bisa menjadi buruk hanya karena celaan. Manusia yang ibadah dengan niat ingin dipuji manusia maka sebenarnyalah dia sidak menyembah kepada Alloh tetapi menyembah kepada sesuatu atau manusia yang diharapkan pujiannya tersebut.

2. Sum'ah

Sengaja menceritakan tentang amal ibadahnya kepada orang lain bahwa dia beramal dengan ikhlas karena Alloh, dengan maksud agar orang lain menganggapnya orang yang mulia dalam urusan agama. Dirinya beribadah tidak karena ingin dipuji orang atau karena sesuatu selain Alloh Ta'ala, dirinya itu tawadhu', padahal dibalik apa yang diungkapkannya itu justru berharap supaya orang lain menganggapnya sebagai manusia yang ikhlas dan selalu menjaga kebersihan hatinya.

3. Ujub

Membangga banggakan diri, rasa diri hebat yang timbul dari dalam hatinya karena merasa banyaknya amal ibadah, tidak dirasakan bahwa semua adalah semata mata berkat dan rohmat Alloh. Karena merasa telah melakukan banyak ibadah sehingga menganggap dirinya lebih taat kepada Alloh, lebih mulia dihadapan Alloh, lebih berilmu dan lebih shobar dibandingkan orang lain.

4. Hajbun

Hajbun artinya hijab/dinding/tabir. Dinding yang dimaksud adalah terkena dan kagum atas keindahan amalnya. Sehingga tertahan pandangan hatinya kepada kekaguman itu dan akhirnya berputar putar disitu saja. Beragam godaan dari dalam hati tersebut sebenarnya berpangkal dari penyakit syirik khofi (syirik tersembunyi).

Apabila godaan tersebut dibiarkan bersarang dalam hati para penempuh jalan thoriqoh maka hal itu bisa menjadi 'penyamun' yang senantiasa menjegal dan menggagalkan perjalanan manusia untuk mencapai tujuan thoriqoh.
Wa allohu A'lam

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Ikhwan
    terimakasih atas kajiannya semoga saya bisa mengambil manfa'at
    ada yang saya ingin tanyakan yaitu

    apakah ada hal atau sesuatu yang bisa membatalkan Bai'at bagi murid dan perlu diulang lagi bai'atnya
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Wa alikum salam....
    setahu saya bai'at secara umum adalah dikenal dengan suatu perjanjian atau sumpah setia untuk menyakinkan orang agar orang itu berbuat yang benar dan masuk islam. Baiat itu juga berguna untuk amanah seseorang yang membaitatkan posisi atau jabatannya sebagai pemimpin misalnya, akan tetapi baiat ini tidak hanya untuk seorang pemimpin saja akan tetapi untuk kepercanyaan seseorang atau masyarakat yang dibaiati oleh pemimpinnya dalam hal untuk memajukan agama.

    Sedangkan untuk bai"at Toriqoh itu lebih dalam lagi karena hubungannya langsung dengan Alloh dan mursidnya

    silahkan suadaraku perhatikan doa bai'at di bawah ini

    إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَى نَفْسِهِ وَمَنْ أَوْفَى بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْراً عَظِيما
    QS. Al- Fath: 10
    “ Sesungguhnya orang- orang yang berjanji setia kepadamu, mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janijinya, niscaya akibat melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah, maka Allah akan memberi pahala yang besar”

    لَقَدْ رَضِيَ اللَّهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِي قُلُوبِهِمْ فَأَنْزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَابَهُمْ فَتْحاً قَرِيباً
    QS. Al- Fath: 18
    “ Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang- orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya)”.
    Bila kita teliti dalam membaca ayat diatas maka kita akan tahu mana yang membatalkan bai'at seorang muridin
    Adapun untuk mengulang kembali Bai'atnya saudaraku dapat langsung datang pada mursidnya untuk bertanya langsung kepada beliau
    allohu a'lam

    BalasHapus